rumah popok

Enphilia Newborn size – Perlukah

Posted on Tuesday 8/24/2010 at 7:24

. Category: Cerita
 

Assalamualaikuuuum…

Produk popok kain reguler Enphilia saat ini ada Enphilia Original dan Enphilia Crispy. Sejak 1 tahun yang lalu, model Enphilia mengalami beberapa modifikasi. Modifikasi ini berdasarkan masukan masukan yang didapatkan. Walaupun disebut onesize (all size), Enphilia original punya keterbatasan yaitu baru bisa dipakai untuk di atas 5 kg.

 Awalnya, ukuran pola Enphilia lebih ke arah NB-10 kg (sebenernya di atas itu seharusnya bisa sih). Kemudian muncullah komplain bahwa Enphilia original tidak bisa digunakan pada bayi bayi tertentu padahal masih under 10 kg. 

Enphilia First Batch

 

Enphilia Original 2.0

Nah, dengan pertimbangan bahwa bayi baru lahir sebenarnya tidak terlalu perlu pocket diaper (lebih cocok pakai flat atau prefold), akhirnya sizing Enphilia diubah, yaitu lebih memprioritaskan ukuran yang lebih besar, yaitu 5 kg ke atas. However, untuk memfasilitasi masukan yang begitu bertubi tubi (beneran lhooo bertubi tubi) untuk memasang snap pada Enphilia original, akhirnya terciptalah varian Crispy.  

Enphilia Crispy

   

Kenapa kok pake 2 varian sgala? knapa gak jadi Crispy aja smuanya? Karena: (1) dengan pasang snap = nambah biaya produksi yang artiya kudu naikin harga, padahal cita cita dahulu adalah membuat popok murah, -tp kenyataannya naik terus krn ganti komponen yg lebih mahal lah ini lah itulah, hikx. (2) snap hanya akan dipakai sebentar kok, bayi kan cepet besar, 2-3 bln juga udah ndut dan udah muat yang tanpa snap.Seiring berjalannya waktu, seiring makin bekennya popok kain modern, banyak ibu ibu yang udah pengen memakaikan anaknya popok ala modern ini sejak bayinya lahir, bahkan blanja blanji popok sebelum anaknya lahir, dan sebagai orang yang berusaha sesubyektif mungkin ngasih masukan, jujur aja saya nggak akan pernah merekomendasikan newborn menggunakan ONESIZE pocket diaper kalo ditanya oleh seorang newbie. Oke, ada pengatur ukuran, tp umumnya kalo onesize, pasti kalo dipake NB ngga proporsional.So… mulai mikirlah diriku utk bikin petit size nya. Tapi, jika nantinya ada 3 varian (petit, original, crispy), maka akan ada rentang ukuran yang tumpang tindih dan itu malah akan bikin orang bingung. Petit =3-10 kg, original =5-15 kg, crispy= 3-15 kg. Jika nantinya ada 2 varian: petit dan original saja, prediksi keluhan yang akan terjadi adalah: 

 yahhh ada 2 ukuran, musti beli 2x dehhh 

 Tapi sebenarnya sekarang (dgn ada varian original dan crispy), common complain nya adalah: 

 newborn dipakein crispy bulky buangeeetttt 

 So… mana yaaa yg lebih baiikk???? Mengumpulkan pandangan niiihhh 

  

Tags: ,

10 Responses to “Enphilia Newborn size – Perlukah”

  1. Norita says:

    Saran aku sih.. boleh aja ada enphilia petit, dengan ketentuan:
    - ditujukan untuk orang yang ga mau newborn baby-nya bulky kalo pake crispy
    - mau membeli 2x clodi, karena kalo awalnya pake petit, pas udh mulai ga muat dan mulai butuh tambahan stok karena pipisnya makin banyak bisa beli original.

    Crispy ditujukan buat orang2 yang budgetnya ga banyak dan ga masalah agak bulky sebentar… toh baby masih kecil ga kan guling2, jadi ga apa2.

    Tapi saran aku…untuk tingkat harga, sebaiknya petit lebih murah dr original ya…biar orang2 ga ngerasa berat kalo ke depannya harus beli original jg.

  2. Anti says:

    Menurutku petit sm original cukup mbak,gak usah crispy-terlalu bulky..hihi..anakku 4kg sdh pake yg original,yp pake tambahan alas ompol+liner diatas inner..utk bayi seumur dibawah 3bln yg sering pup,itu solusi terbaik menurutku..lgan blm guling2an,jd gak pernah bocor samping..kl ada petit,aku sukaaaa..tp mgkn harganya lbh murah kali ya..biasaaa,bny ibu2 khan mikir kl belanja utk newborn yg rata2 pakainya cm sebentar..

  3. riska says:

    iya mbak,setuju dengan pendapat d atas.jd versi petit dan original,mgk bs dkelompokkan smacam produk duo diaper versi luar.untuk ortu yg gk mau babynya bulky,tp mgk versi original bs dmodifikasi agar muat lbh dr 15 kg.sedangkan yg crispy untuk ortu yang tidak masalah babynya agak bulky.jd beda pangsa pasar mungkin begitu mbak :-)

    • adminrika says:

      wooo gitu ya. Baiklaahh :) Sbenernya intinya sih ingin tetep hanya 2 varian aja, bukan 3. Kebanyakan varian bikin pusing reseller, juga end user, JUGA produsen, hehe. Kalau dari saya pribadi sih menganggap crispy tidak terlalu penting, lha snapnya cuma kepake sebentar, itupun (spt pendapat mba Anti) kalau dipake bulky banget.
      Thanx ya masukannya mba Riska

  4. anifah says:

    kl sy sebagai reseller, setuju ada dua varian sj mb: original n petit. soalnya msh jrg yg mengkhususkn untuk newborn baby. trus model crispy kan sdh banyak di pasaran. jd, untuk kemajuan usaha, bisa nyari celah yg belum ada di pasaran. selain itu, biar g kebanyakan jenis clodi. bingung jawabnya…hehehe

  5. wulan says:

    setuju sm yg sebelum2..bikin yg petit sm ori aja..sm usul mbak..bikin yg model pull up…hehe..nambah2in kerjaan aja

  6. ely says:

    kayaknya nggak perlu mba bikin yang petit, soalnya kayanya original ama crispy aja udah nampol :p tapi seringan pada minta yang crispy nih, apalagi klo ak kasitau “bisa dari newborn” pada nggak mau rugi hehehehehhee

Leave a Reply

Email : rumah popok.
Copyright © 2011 Rumah Popok.com. Convenient & Affordable Cloth Diapering